“
MARKET PLACE “
NIM : 4114066
Dosen Pengampu :
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
PESANTREN TINGGI DARUL ‘ULUM JOMBANG
TAHUN AKADEMIK
2016/2017
KATA
PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang
Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Saya
panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan
rahmat, hidayah Nya kepada saya,
sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah MARKET
PLACE ini.
Adapun makalah ini
telah saya usahakan semaksimal mungkin dan
tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah
ini. Untuk itu saya tidak lupa menyampaikan banyak terima
kasih kepada pihak yang telah membantu saya dalam pembuatan makalah ini. Namun
tidak lepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa ada
kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena
itu dengan lapang dada dan tangan terbuka saya membuka selebar-lebarnya bagi pembaca
yang ingin memberi saran dan kritik kepada saya sehingga saya dapat
memperbaiki makalah ini.
Akhirnya penyusun mengharapkan semoga
dari makalah ini kita dapat mengambil hikmah dan manfaatnya sehingga
dapat memberikan inspirasi terhadap pembaca.
Jombang,
09 Mei 2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Semakin berkembangnya teknologi
dan beberapa perancangan penjualan online yang sudah tidak asing lagi, yaitu dengan menggunakan website yang disebut market place. Adapun penjelasan
dari market place ini adalah sebuah tempat di mana
penjual dapat membuat akun dan menjajakan barang dagangannya secara online maupun langsung dengan prasarana website yang
akan di rancang.
Dengan adanya online marketplace ini, penjual dan pembeli
dapat saling memperoleh keuntungan karena online marketplace ini dapat
dijadikan ajang promosi bagi penjual, sedangkan pembeli dapat dengan
mudah memperoleh informasi yang diperlukan. Online marketplace pun dapat digunakan sebagai wadah
komunikasi antara penjual dan pembeli. Kemudian pembeli pun dapat mengurangi
biaya pengeluaran untuk promosi karena dengan menggunakan online marketplace, pembeli
tidak harus mengeluarkan biaya yang besar.
Adapun salah satu keuntungan
berjualan di marketplace adalah penjual tidak perlu membuatsitus atau toko online pribadi. Penjual hanya perlu
menyediakan foto produk, mengunggahnya keE-Commerce tersebut, dan melengkapi foto
produk dengan deskripsi produk. Kemudian, jika ada pembeli yang membeli produk
tersebut, penjual akan diberi notifikasi oleh sistem dari E-Commerce yang dia gunakan
1 1
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pembahasan latar belakang
diatas maka dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Definisi Market Place ?
2.
Kelebihan dan kekurangan pada market
place ?
3.
Market Place apa saja yang sekarang
marak di Indonesia?
1 2
TUJUAN
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Mengetahui Definisi Market Place
2.
Mengetahui Kelebihan dan kekurangan pada market
place
3.
Market Place apa saja yang sekarang
marak di Indonesia
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
PENGERTIAN MARKET PLACE
Definisi marketplace secara
bahasa berarti “pasar” di Internet. Sebagaimana pasar pada umumnya , pasar yang
satu ini juga merupakan tempat jual beli barang sehingga di wilayah ini
merupakan satu wilayah sebagai tempat bertemunya antara seller dan buyer.
Dengan adanya pasar global yang tak terbatas, mendorong para pelaku bisnis
untuk melakukan inovasi untuk memanfaatkan media online sebagai lahan bisnis.
Apalagi dengan semakin meningkatnya pengguna internet dari hari ke hari yang semakin
banyak, memanfaatkan marketplace
Dalam keadaan seperti ini untuk
mengembangkan bisnis melalui internet tentu merupakan prospek yang sangat
bagus. Saat ini masyarakat tampaknya juga cukup nyaman berbelanja dengan
hunting apa apa yang mereka butuhkan melalui pasar online ini. Bahkan ketika saya sendiri
mencoba masuk ke dalam ruang marketplace saya merasa nyaman dan santai ketika
saya harus menyeleksi dan mengamati baju yang akan saya pilih. Tapi lain halnya
ketika saya bererelanja di toko toko pakaian, saya merasa risih karena si
karyawan selalu mmbuntuti saya ketika saya sedang memilih baju mana yang akan
saya beli.
Sebenarnya fitur ini telah memberikan
banyak kemudahan bagi para konsumen di dunia online shop. Banyanknya marketplace yang muncul di dunia internet benar
benar memanjakan para konsumen. Melihat lihat produk yang ditawarkan dimarketplace secara bebas akan memberikan rasa
nyaman bagi calon pembeli. Apalagi media internet yang bebas akses memberikan
waktu 24 jam bagi para pengunjung sehingga mereka bisa datang kapan pun mereka
mau. Kemudahan yang lain adalah pengunjung bebas membandingkan produk yang satu
dengan yang lain sebelum mereka menentukan barang yang hendak di beli.
Hal ini sangat penting bagi kosumen
karena pemilihan barang yang tepat akan memberikan kepuasan tersendiri bagi
mereka. Semakin banyak pilihan justru semakin menarik bagi pembeli. Hal yang
paling dibanding bandingkan dalam produk yang akan dibeli adalah kualitas
barang dan harga barang. Maka dari itu jika anda merupakan pelaku bisnis yang
memanfaatkanmarketplace hendaknya
banyak ide untuk menarik pembeli, seperti memberikan diskon, menjaga kualitas
barang dan lain lain.
Selain itu jaminan transaksi yang sangat dibutuhkan oleh konsumen juga bisa di dapatkan melalui marketplace. Jaminan yang satu ini memang sudah sepantasnya dianggap penting karena transaksi di dunia internet merupakan transaksi online yang sangat rawan penipuan. Dalam hal ini biasanya konsumen mendapatkan jaminan jika uang sudah dutransfer tapi barang belum juga datang maka uang konsumen akan dikembalikan. Jika ada keluhan barang yang tidak sesuai dengan harapan pembeli maka biasanya produsen akan bertanggung jawab dan siap mengganti dengan produk yang lain.
Selain itu jaminan transaksi yang sangat dibutuhkan oleh konsumen juga bisa di dapatkan melalui marketplace. Jaminan yang satu ini memang sudah sepantasnya dianggap penting karena transaksi di dunia internet merupakan transaksi online yang sangat rawan penipuan. Dalam hal ini biasanya konsumen mendapatkan jaminan jika uang sudah dutransfer tapi barang belum juga datang maka uang konsumen akan dikembalikan. Jika ada keluhan barang yang tidak sesuai dengan harapan pembeli maka biasanya produsen akan bertanggung jawab dan siap mengganti dengan produk yang lain.
2.2 KELEBIHAN
& KEKURANGAN MARKET PLACE
I.
I. Kelebihan Market Place
·
Berdagang di Marketplace sangat mudah
apalagi bagi Anda pengusaha pemula yang belum memiliki sistem dan prasarana
penjualan. Anda hanya perlu membuka akun, memposting dagangan Anda lalu
memberikan keterangan.
·
Sistem marketplace telah banyak dipercaya para pembeli karena
jaminan transaksi, rekening bersama, dan banyak pilihan produk yang tersedia
sehingga para calon pembeli pasti akan melihat dengan sendirinya membuka dan
memilih-milih termasuk melihat barang dagangan Anda
·
Banyaknya pedagang juga dapat Anda
manfaatkan untuk memperluas jaringan.
·
Adanya promosi gratis dari
marketplace pun akan meminimalisir biaya marketing Anda
I I. Kekurangan Market Place
·
Banyaknya para pedagang bahkan dengan
jenis dagangan yang sama membuat marketplace sebagai wadah persaingan terbuka
antar penjual. Hal ini mungkin akan membuat barang yang anda tawarkan sulit
terjual. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara berikut. Manage-lah akun
jual-beli anda dengan baik. Management akun marketplace yang baik seperti
pelayanan fast response, jujur dan detail dalam memberikan deskripsi produk
serta ramah dalam pelayanan.
·
Banyaknya pedagang juga meminimalisir
promosi produk Anda secara terfokus. Karena semua pedagang akan berebutan untuk
Iklan. Fitur searching pun tidak hanya berfokus pada produk kita saja. Pembeli
dapat dengan mudah beralih ke produk lain karena banyaknya produk yang
ditampilkan dari berbagai penjual.
·
Keberlangsungan roda penjualan dan
pembelian di marketplace sangat bergantung pada pengelola. Bisa saja situs
tersebut tutup atau membuat kebijakan baru yang merugikan Anda sehingga dengan
sistem ini memang penjual tidak memiliki kuasa penuh. Dan yang terkenal pun
adalah situs tersebut, bukan produk Anda. Anda tidak dapat memperkuat branding
produk Anda jika menggunakan sistem ini.
2.3 BEBERAPA
SITUS MARKET PLACE YANG POPULER DI INDONESIA
1.
BUKALAPAK
Didirikan pada awal 2010 sebagai salah satu
produk portofolio agensi digital bernama Suitmedia, Bukalapak bertumbuh sebagai
salah satu produk online terbesar karya anak bangsa di Indonesia. Achmad Zaky
selaku CEO mengatakan bahwa saat ini terdapat
sekitar 150.000 penjual1 dan 1,5 juta produk aktif di Bukalapak.
2. TOKO PEDIA
Berdiri pada awal 2009, Tokopedia dinilai sebagai pemimpin pasar
dalam ranah marketplace
online di Indonesia.
Paling tidak, Tokopedia memiliki jumlah modal yang sangat besar berkat USD 100
juta (Rp 1,2 triliun) yang disuntikkan beberapa bulan lalu oleh Softbank
Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital. William Tanuwijaya selaku
CEO mengatakan bahwa saat ini mereka memiliki “ratusan ribu” penjual yang
bertumbuh jumlahnya sebesar 30 persen setiap bulan. Saat ini Tokopedia memiliki
3,3 juta produk aktif, dimana sekitar 2 juta produk terjual di platform setiap
bulannya.
LAZADA
LAZADA adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara.
3. ELEVENIA
Elevenia merupakan salah satu pemain termuda di daftar ini,
namun mereka sangat agresif dan telah mencatat pertumbuhan sangat besar di
tahun pertama operasinya. Diluncurkan pada bulan Maret 2014, perusahaan hasil joint venture antara XL Axiata dan SK Planet asal
Korea Selatan ini memiliki 2 juta produk aktif dan melayani 8.000 order setiap
harinya.
Uniknya, perusahaan ini menyediakan seller zone di Jakarta, berisikan studio foto dan
ruang pelatihan untuk membantu para penjual online yang masih baru. Semua hal
itu dapat digunakan secara gratis.
5.
BAB III
PENUTUP
3.1KESIMPULAN
MarketPlace adalah model bisnis
online menggunakan media website dimana website tersebut bukan hanya sebagai
wadah untuk para online shop mempromosikan produknya tetapi juga marketplace
ini membantu memfasilitasi transaksi jual beli secara online dengan menggunakan
rekening bersama, jadi customer bisa berinteraksi langsung dengan penjual akan
tetapi transaksi jual beli tetap melalui marketplace tersebut, terdapat tombol
klik untuk membeli dan dana pada saat proses pembayaran masuk ke rekening dari
marketplace, yang kemudian akan diteruskan kepada penjual dengan perjanjian
tertentu. Didalam satu marketplace tersebut banyak merchant merchant yang
bergabung untuk mempromosikan barang dagangannya
DAFTAR PUSTAKA
1. forumakers.com/t186-apa-itu-marketplace
diakses tanggal 06-05-2016 jam 10:00
4. Techinasia.com/marketplace-online-terbesar-indonesia-belanja
diakses tanggal 05-05-2016 jam 10:00
0 komentar:
Posting Komentar