Gallery

Rabu, 13 April 2016

LAPORAN SISTEM INFORMASI PNPM

  SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM PNPM










Oleh:


Nama: M ADITYA ISWAN NUR FAUZI 
NIM: 4114066
Dosen Pengampu : Endang Kurniawan S.Kom., M.M., CEH, CHFI, CIPM. 

Identifikasi masalah :
Permasalahan:

1.      Data-data simpan pinjam di PNPM Ploso masih dilakukan secara manual .
2.      Kebutuhan terhadap data member, data tabungan, data pinjaman, data bayar, data ambil, data admin
3.      Banyaknya data yang masuk dalam pnpm menyebabkan sistem simpan pinjam secaran manual tidak efektif dan efisien.
4.      Data pembukuan yang manual mengakibatkan penumpukan dokumen.

Identifikasi masalah :

1.      Penyimpanan data dalam bentuk manual atau kertas menimbulkan resiko yang cukup besar, seperti rusaknya data, kebakaran, terkena bencana alam sehingga diperlukan sistem yang bisa menyimpan data lebih aman.
2.      Kebutuhan akan data yang efektif dan efisien serta ada saat dibutuhkan menjadi alasan utama untuk penyediaan informasi yang tepat dan akurat.
3.      Dari berbagai alasan diatas maka pengembangan sistem informasi simpan pinjam ini di buat untuk membantu menyelesaikan permasalahan permasalahan yang muncul


Analisis kebutuhan :
Data yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem informasi ini adalah :

1.      Data Member                : username, pasword, nama, nik, tgl_lahir, jenis_kelamin,  
pekerjaan, alamat,no_hp, tabungan, pinjaman
2.      Data Pinjaman              : username, nama, tgl_transaksi, jml_transaksi
3.      Data Bayar                    : username, nama, tgl_bayar, jml_bayar
4.      Data Ambil Tabungan : username, nama, tgl_ambil, jml_ambil
5.      Tabungan                      : username, nama, tgl_tabungan, jml_tabungan
6.      Data Admin                   : username, nama, password, hak_akses


Kebutuhan fungsional
Fungsi dari sistem ini adalah:
1.      Proses login untuk admin dan member
2.      Proses pengelolaan data pinjaman maupun tabungan bagi admin meliputi input, update, save, dan delete
3.      Proses pendaftaran member yang dilakukan oleh admin
4.      Proses pendaftaran dan pencatatan pinjaman yang dilakukan oleh admin
5.      Proses pendaftaran dan pencatatan tabungan yang dilakukan oleh admin
6.      Proses pengecekan atau pemeriksaan pinjaman atau tabungan yang dilakukan oleh admin 
7.      Proses pengecekan atau pemeriksaan pinjaman atau tabungan yang dilakukan oleh member
8.      Proses pencarian data member, data pinjaman, data tabungan


Tampilan User Interface  Form login dan halam utama:


Tampilan login:



Tampilan menu utama:





0 komentar:

Posting Komentar